Materi X

Business Plan

Untuk memulai suatu usaha baru, selain kemauan yang kuat serta kreatifitas yang tinggi, diperlukan pula perencanaan yang tepat sebagai pedoman menjalankan usaha.

Rencana bisnis terdiri dari tujuan bisnis, strategi untuk mencapainya, masalah potensial yang kira-kira akan dihadapi dan cara mengatasinya, struktur organisasi dan modal yang diperlukan untuk membiayai perusahaan serta bagaimana mempertahankannya sehingga berhasil berproduksi diatas titik impas.

Menarik tidaknya sebuah recana bisnis tergantung dari bagaimana cara kita menulis dan menyususnya. Seringkali kita memiliki ide bisnis yang brilian, namun kesulitan dalam mengungkapkannya. Rencana bisnis akan baik apabila mengikuti pedoman yang berlaku dalam dunia bisnis, baik dari segi susunan maupun isi.

Ada 3 (tiga) bagian utama dari sebuah rencan bisnis, yaitu :

  1. Konsep Binis, menjelaskan secara rinci mengenai industri yang digeluti, struktur bisnis, produk dan jasa yang ditawarkan dan bagaimana cara mensukseskan bisnis.
  2. Pasar, membahas mengenai konsumen potensial, yaitu siapa dan dimana mereka berada, apa yang menyebabkan mereka mau membeli serta menjelaskan persaingan yang mungkin terjadi dan bagaimana memposisikan diri agar memenangkannya.
  3. Rencana Keuangan, menjelaskan estimasi pendapatan dan analisa break even.
Untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan rencana binis atau business plan ini, silahkan untuk mengunduh materi kuliah dibawah ini dan tentu saja menghadiri kelasnya.

Semoga bermanfaat
Andi HM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>