Materi XI

PEMASARAN

Salah satu aspek terpenting dalam keirausahaan adalah pemasaran. Bahkan dapat dikatakan bahwa jika anda sudah mempunyai pasar atau berhasil dalam pemasaran, mulailah untuk membuka usaha sendiri.

Seorang yang sangat inovatif dalam menciptakan produk baru sekalipun belum tentu berani berwirausaha, semata-mata karena tidak mampu memasarkan produk nya tersebut. Pemasaran merupakan aspek usaha yang jauh lebih penting dari sekedar modal. Modal dapat dipinjam, tapi pasar harus digeluti dan belum tentu  bisa didapat kendati produk anda sangat bagus.

Oleh karena itu, menggeluti pekerjaan sebagai tenaga penjual atau pemasaran sebelum memulai usaha anda, sangat disarankan. Dengan demikian anda akan mendapatkan pengalaman dan intuisi dalam memdapatkan kepercayaan pasar.

Biasanya seorang pemula dalam berwirausaha seringkali terkecoh dengan memberikan perhatian lebih aspek produksi. Mereka menghabiskan waktu siang dan malam untuk membangun fasilitas produksi dan produk unggulan. Namun begitu kegiatan investasi selesai dilakukan dan produk tersedia, pembelinya belum ada, bahkan mereka tidak tahu seperti apa pelanggannya.

Dalam ilmu pemasaran, orientasi pada produk dan produksi sudah lama di tinggalkan, dan kini, agar berhasil, seorang wirausahaan harus membalik cara berfikirnya dan memulai dari sisi pemasaran.

Anda mungkin bertanya, bagaimana mungkin? wong produknya saja belum ada kok kami diminta sudah melakukan pemasarannya?

Betul, pemasaran sudah harus ada dikepala siapa saja yang mau menjadi wirausaha jauh sebelum produk itu dibuat atau fasilitas produksi dibangun. Anda harus mulai menjawab siapakah calon pembeli produk atau jasa anda? Apakah ia lelaki, perempuan atau unisex? Apakah produk atau jasa anda berhubungan dengan usia? Apakah harus dipasarkan di daerah tertentu atau bisa dipasarkan dimana saja? Semua pertanyan-pertanyaan mengenai segmentasi atau sasaran pasar anda harus jelas.

Nah untuk lebih membuka cakrawala anda mengenai pentingnya pemasaran dalam berwirausaha, silahkan mengunduh file dibawah ini dan tentunya menghadiri diskusi materinya dikelas.

Semoga bermanfaat
Andi HM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>