Smart Goals

Semua orang mengiginkan kesuksesan dalam hidupnya, namun jika ditanya apa arti kesuksesan bagi mereka, maka hanya sebagian kecil saja yang dapat menjawab pertanyaan itu dengan baik.

Masih ingat dengan definisi sukses, dimana sukses berarti “mencapai apa yang dinginkan”, jika ditanya lagi apa yang anda inginkan dalam hidup ini, maka hanya sedikit dari sebagian kecil orang yang dapat menjawab arti kesuksesan dalam hidupnya yang dapat menjawabnya, bahkan menurut survei yang ada hanya sekitar 13% insan dimuka bumi ini yang mempunyai tujuan (goals) dalam hidupnya. Lebih ironis lagi, hanya 3% yang menuliskan goals nya dengan benar.

 

“If You don’t know where you are going, you will probably end up someplace else”

Cara membuat Smart Goal / Menetapkan tujuan yang efektif itu ada 5 (SMART) :

1.  Spesifik

Maksudnya adalah target apa yang akan dicapai, dalam jangka waktu yang pendek/panjang. Tentunya itu adalah suatu target yang positif, dan merupakan suatu keyakinan yang timbul dari  hati masing-masing dari kita. Bukan ikut-ikutan teman, sahabat, ataupun pacar.

2. Measurable

Setelah mengetahui target yang akan dicapai, tentunya kita harus mempunyai kemauan untuk bergerak. Baik itu belajar maupun bekerja, pastinya itu harus dilakukan secara rutin dalam keseharian kita.

3. Attainable

Target yang di inginkan adalah target yang sesuai dengan peran kita, maksudnya dalam jangka waktu beberapa hari/ bulan kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh maka target tersebut dapat benar-benar terwujud.

4. Realistic

Inilah yang terkadang kita abaikan dalam mengimplementasikan, yang sudah kita rencanakan. Rencana kita kedepan boleh besar, akan tetapi kita juga harus konsisten dengan apa yang sudah direncakan.

5. Time BoundDeadline

Inilah hal yang terbiasa dilakukan oleh orang Indonesia (memelihara pohon karet), lebih senang menunda-nunda pekerjaan. Dan yang terjadi adalah Telat, parahnya target-target yang direncanakan tidak akan tercapai.

” Time is Sword “

Itulah 5 cara yang dilakukan kebanyakan dari para orang sukses /beruntung. Tentunya dengan target-target yang positif, mulai dengan hal yang kecil, bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan, Ulet dan pantang menyerah.

  • Impikanlah hasilnya
  • Berjuang di setiap prosesnya, ingat ‘bukan pada hasilnya’
  • Selalu melebarkan sayap/ network
  • Jangan terlalu muluk-muluk/ banyak rincian.
  • Evaluasi disetiap tindakan.
  • Selalu jujur pada diri sendiri
  • dan Tetap Fokus terhadap Tujuan hidup/target.

Semoga bermanfaat

AndiHM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>